Thursday, January 20, 2011

Subhanallah…hidupan laut aneh

tidak tercapai di akal manusia..ada makhluk aneh yang mendiami laut terdalam.Maha Besar ALLAH yang menciptakan..

ikan viper

Memiliki nama latin Mesopelagic dapat ditemukan dikedalaman 80-1600 meter, merupakan ikan dengan tampang super kejam (mulut lebar dan gigi tajam). seperti kebanyakan ikan dari lautan dalam, ikan ini tidak memiliki warna kulit alis tembus pandang dan organnya menyala karena proses yang disebut bioluminescence, selain itu mereka memiliki mata yang besar untuk mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin di dalam keadaan cahaya minimum atau bahkan tanpa cahaya.

Mulutnya yang lebar dalam menelan ikan yang bahkan lebih besar dari badannya, hal ini dimungkinkan karena perutnya bersifat elastis sehingga dapat mengembang. Ikan-ikan dasar laut ini harus beradaptasi dengan lingkungan yang sangat minimum stok makanan karena lingkungannya yg sangat dalam sehingga tidak banyak mahluk lain yg berkeliaran, kadang mereka saling memakan sesama sejenis untuk dapat bertahan hidup

ikan Fangtooth

Dikenal dengan nama Anoplogaster Cornuta, walaupun terlihat seperti ikan besar, tetapi ikan ini cuma dapat tumbuh sampai 6 inci panjangnya. Ikan ini memiliki tubuh pendek dengan kepala yang besar. Ikan ini juga hidup di kedalaman yang ekstrem iaitu 16,000kaki. Tekanan yang tinggi dan suhu yang hampir membeku membuat makan sulit untuk didapati, sehingga ikan hamper memakan semua yang dapat ditemui. Fangtooth dapat ditemukan di lautan tropika seperti Australia.


Dragonfish


Mempunyai nama latin Grammatostomias Flagellibarba, hidup di kedalaman 5000 kaki / 1.500 meter, memiliki semacam belalai menyala yang terhubung dengan dagunya. Dibagian samping tubuhnya juga terdapat bagian menyala yang digunakan untuk memberi tanda kepada ikan Dragonfish lain selama musim kawin.

Handfish


kita mengetahui sirip ikan berfungsi untuk membolehkan ia berenang di dalam air. Namun ikan ini adalah species yang lain dari yang lain apabila dikatakan oleh penyelidik bahawa ia menyalahgunakan sirip di bawah abdomennya untuk berjalan di dasar laut.unik kan?

Salah satu daripada species ikan bertangan "handfish" ini juga telah dinobatkan oleh laman sesawang National Geographic sebagai di antara species baru haiwan paling pelik 'weirdest new animal 2010' bagi tahun 2010.


comey kn??hehe..

No comments:

Post a Comment